Profil Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang

BMS : Desa Pancasan Kecamatan Ajibarang merupakan desa yang fenomenal. Mulai dari sejarah sampai denga isu-isu perdesaan yang unik. Banyak informasi desa yang sangat menarik bisa anda temui di desa pancasan. Ibarat dari awal berdirinya desa itu memang sudah unik dan seksi. Desa pancasan yang dikenal dengan Desa Géndeng (Bukan sinto géndéng loch… ) penghasil Genteng terbaik di karisidenan kabupaten Banyumas yang digunakan oleh berbagai wilayah di indonesia. Selain genteng yang menjadi ikon desa yaitu melimpahnya air sehingga muncul ada obyek  wisata Dreamland yang merupakan magnet yang cukup kuat untuk menarik anda berwisata. Selain sumber daya alam yang ada, sumber daya manusia yang handal dengan di pimpin oleh kepala desa yang sangat melek dengan dunia IT yaitu lebih dikenal di dunia maya dengan akun Pak Lik Munawar.
hemm…  asyik nich menjelajah ke Desa Pancasan. Yuk kita cari tahu lebih dalam tentang Desa Pancasan yang menjadi kebanggan warga banyumas, kita langsung ke TKP :

Profil Desa Pancasan Ajibarang
secara administratif Desa Pancasan berada di wilayah Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Berada disebelah barat Kabupaten Banyumas. Jarak dari kota Kecamatan ± 2 KM dan dari kota Kabupaten ±19 KM. Dalam peta bumi, posisi Desa Pancasan adalah 7 25' 17" LS - 109 4' 39" BT. Desa dilewati jalan provinsi  Tegal - Cilacap. Dengan sarana transportasi yang sangat memadai. Bisa diakses dengan kendaraan umum Bis, Angkot/koperades, mobil pribadi dan juga sepeda motor. 
Desa Pancasan terdiri dari 3 Dusun (6 RW) yang masing-masing terbagi menjadi wilayah kemasyarakatan:
(1) Dusun I   :   RW I terdiri dari 7 RT dan  RW II terdiri dari 10 RT
(2) Dusun II  :   RW III terdiri dari 6 RT dan RW IV terdiri dari 7 RT
(3) Dusun III :   RW V terdiri dari 5 RT dan RW VI terdiri dari 5 RT

Panjang jalan desa kurang lebih 5 ( lima ) kilometer dengan lebar bervariasi antara 2 dan 3 meter. Luas wilayah Desa Pancasan adalah 197,780 Ha dengan batas-batas desa sebagai berikut :
- Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Ajibarang Wetan.
- Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pancurendang dan Sawangan.
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Karangbawang dan Tipar Kidul.
- Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Karangbawang.

Keadaan sosial Ekonomi Penduduk

a. Jumlah penduduk
Warga Desa Pancasan pada tahun 2010 (data akhir Februari 2010)  memiliki 1685 Kepala Keluarga dengan jumlah penduduk 7501 jiwa yang terdiri dari 3633 laki-laki dan 3868 perempuan. Terbagi 3 dusun yaitu untuk Dusun I 2747 jiwa, Dusun II 2455 jiwa, Dusun III 2299 jiwa.

b. Penduduk Usia Produktif.
Penduduk usia produktif berjumlah 4714 jiwa (63%0 dan golongan usia tidak produktif 2790 jiwa (37%). Kenyataan ini menunjukkan bahwa tenaga kerja yang tersedia di Desa Pancasan bisa mengisi peluang kerja. Sementara itu lapangan yang tersedia sebagian besar adalah di bidang industri pengarajin genteng. Potensi tenaga kerja yang ada pada umumnya hanya menguasai dibidang industri genteng karena usaha ini sudah turun temurun dari nenek moyang.

c. Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan di desa Pancasan tergolong sedang. Fasilitas pendidikan semakin berkembang,  meliputi 3 Sekolah Dasar, 2 Madarasah Ibtidaiyah, 1 Sekolah Diniyah, 2 Taman Kanak-Kanak. Sebagian besar penduduk Desa Pancasan adalah tamatan Sekolah Dasar yaitu sebanyak 1235 orang dan urutan kedua adalah penduduk yang belum tamat SD sebanyak 1025 orang. Penduduk yang tidak sekolah sebanyak 774 orang menempati urutan ketiga dan urutan keempat adalah penduduk yang tamat SLTP sebanyak 945 orang dan tamat SLTA sebanyak 420 orand dan tamat Akademi / Perguruan Tinggi sebanyak 93 orang.

PEJABAT dan PERANGKAT DESA PANCASAN
pemdes pancasan

  • ACHMAD MUNAWAR : KEPALA DESA
  • SARI MULYANI : SEKRETARIS DESA
  • SUWARSO : KEPALA DUSUN I
  • KHOLID ABDUL CHOLIQ : KEPALA DUSUN II
  • MUKHLISINA LAHUDIN : KEPALA DUSUN III
  • ZAENAL ABIDIN : KASI PEMERINTAHAN
  • SUDONO : KASI PEMBANGUNAN
  • A. SYAMSURI : KASI KESRA
  • BADINGAH SURURIAH : KAUR KEUANGAN
  • AMINUROHMAN : KAUR UMUM
  • SUJANGI : STAF  KESRA / KAYIM I
  • SUTARMAN : STAF  KESRA / KAYIM II
  • MUHROJI : STAF PEMBANGUNAN

Sejarah Desa dan Perkembangannya
1. Legenda Desa Pancasan 
Pada jaman sebelum datangnya penjajahan Hindia Belanda, daerah ini sudahdihuni dan dikenal sebagai daerah pemukiman yang letaknya berdekatan/berbatasan dengan Kadipaten Pakis Aji yang merupakan mitra Kadipaten Pasir Luhur.
Adipati yang terkenal pada saat itu bernama Raden Adipati Harya Taman yang merupakan menantu Adipati Pasir luhur. Alkisah pada suatu hari Kadipaten Pakis Aji kedatangan salah satu pangeran muda dari kerajaan di Tanah Jawa dengan tujuan utamanya meminang salah satu putri Adipati Harya Taman yang bernama Dewi Rantansari ( Sang Putri ). Dengaan rasa hormat dan takut sang adipati langsung menerima pinangan dari sang adipati langsung menerima pinangan dari Sang Pangeran Muda namun ternyata Sang utri menolak dan meninggalkan kadipaten Pakis Aji, maka marahlah sang Pangeran Muda.
Sang Pangeran muda dengan didampingi oleh sesepuh / Penasehat Adipati yang bernama Ki Sela Brani dan disertai prajurit secukupnya bermaksud mencari keberadaan Sang Putri. Pada saat pencarian kehabisan perbekalan khususnya air minum. Sang Pangeran merasa kehausan maka ditugaskan prajurit u tuk mencari air minum kerumah penduduk terdekat tetapi tak satupun yang berhasil mendapatkan air sehingga sambil menahan marah dan haus Sang Pangeran muda berucap “ Ajining banyu ajining barang” maka terjadilah nama Ajibarang sebagai pengganti Kadipaten pakis Aji.

sejarah pancasan ajibarangSang pangeran Muda meneruskan perjalanannya kearah selatan krang lebih berjarak 1 (satu) km dari Ajibarang. Sang Pangran Muda menugaska kembali prajuritnya untuk mencari air minun ke rumah penduduk namun penduduk ketakutan dan lari.

Para prajurit merasa kesal hatinya sehingga memporak porandakan pohon-pohon yang ada disekitar rumah penduduk. Pda saat itu terjadilah keajaiban alam, hampir semua pepohonan yang ditebang mengeluarkan air yang jernih. Hal ini segera dilaporkan kepada Sang Pangeran Muda. Cerita tersebut menumbuhkan rasa penasaranya sehingga Sang Pangeran Muda membuktikan dengan memangkas / memancas sebuah pohon bamboo kuning dan batang pohon pisang, ternyata benarlah apa yang dikatakan prajurit. Sang Pangeran Muda pun berucap “di pancas ana – di pancas ana”. Akhirnya dengan disaksikan sesepuh Kadipaten, Daerah ini dinamakan Desa Pancasan dari asal kata Pancas-ana. Air jernih hasil memancas tersebut keluar terus dan menjadi sumber mata air yang pada jaman Belanda dibangun menjadi kolam renang yang dinamakan Kolam Renang Tirta Alami, dan menurut kepercayaan masyarakat, dengan mandi di air tersebut dapat membuat orang awet muda. Sampai sekarang Desa Pancasan terkenal dengan smber mata airnya.

Hari menjelang malam, maka atas saran Ki Sela Brani beristirahatlah Sang Pangeran Muda beserta rombonganya di Desa Pancasan. Pada malam harinya mengadakan sarasehan untuk membahas pencarian Dewi Rantasari sekaligus memohon  petunjuk kepada Sang Maha Kuasa mengenai keberadaan Sang Putri.

Firasat yang diterima oleh Ki Sela Brai mengatakan bahwa Dewi Rantasari berada di sebelah Timur Selatan Desa Pancasan dan berada di sebuah hutan. Daerah tersebut sampai sekarang dinamakan Gunung Putri. Untuk mengenang keberhasilan petunjuk yang diperoleh Ki Sela Brani, maka tempat sarasehan dinamakan Padepokan Sela Brani yang sampai saat ini masih dikeramatkan oleh sebagian Penduduk Desa Pancasan.

 2. Perkembangan Pembangunan Desa Pancasan
Sejak jaman penjajahan Belanda dalam perjalanan Sejarah Desa Pancasan sudah ada kepemimpinan di Desa yaitu Lurah. Dalam kurun waktu tahun 1920-an sampai dengan tahun 1945 tercatat beberapa nama lurah, diantaranya yang dikenal adalah lurah Madngisun dengan pola kepemimipinanya yang masih kental dengan feodalisme.

Pada waktu sekitar tahun 1946, kedudukan lurah/ Kepala Desa dijabat oleh Bapak Abdul Manan sampai 1974. pada periode ini pemerintahan desa telah berjalan walaupun masih bersifat seadnya namun dapat mambagi-bagi Wilayah menjad Grumbul/ Dusun yang dipimpin oleh Bau dan juga terbentuk RT-RT. Bapak Abdul Manan dikenal juga sebagai “penatus” karena jasa-jasanya dalam memerintah Desa.

Tahun 1975 sampai dengan tahun 1976 tidak ada kepemimpinan sehingga dijabat oleh YMT / Wakil Kepala Desa / Carik yakni Bapak Soleman. Pada tahun 1977 terpilih Kepala Desa dari Angkatan Kepolisian yaitu Lurah Kartiker atau Bapak Supardi. Pada decade tahun 1975 sampai dengan tahun 1979 tidak banyak perubahan menuju kemajuan(statis).

Pada tahun 1980 sampai dengan 1997, Desa Pancasan dipimpin oleh Bapak Abdul Cholik. Di bawah kepemimipinanya telah berhasil membawa desa pancasan yang dinamis yakni dari desa Swadaya menjadi Desa Swasembada

Pada tahun 1998 Desa Pancasan terjadi pergantian pimpinan yang dilaksanakn dengan Pemilihan Kepala Desa baru, karena Bapak Abdul Cholik berdasar Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah sudah harus berhenti setelah manjabat melalui pemilihan 2 ( dua ) periode ( 1980-1997 ).

pak lik munawarDesa Pancasan untuk periode 1999-2007 Kepala Desa sipimpin oleh Bapak Achmad Munawar. Dengan dikeluarkanya Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1999 maka Pemerintah Desa Pancasan banyak mengalami perubahan sehingga semua program desa dipayakan maksimal berpedoman pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Perda dan Perdes memasuki era baru sudah barang tentu banyak hal yang masih belum dipahami secara baik oleh Perangkat Desa, BPD maupun lembaga lain yang ada di desa terlebih lagi pemahaman masyarakat di desa.

Segala hal yang mengakibatkan terhambatnya jalanya pemerintahan maupun jalanya pembangunan dapat diselesaikan melalui orum musyawarah yang mengedepankan Demokrasi.

Pada kepemipinan Bapak Achmad Munawar dalam kurun waktu 5 ( lima ) tahun berjalan pada situasi krisis dan era reormasi yang berjalan ini, alhamdulilah tetap dapat meningkatan jalanya roda pemerintahan baik pelayanan masyarakat maupun peningkatan pembangunan. Sedangkan hal-hal / prestasi uang menonjol yang dapat dicapai antara lain:

1.      Bidang non fisik.

  • Tumbuh kembangnya kegiatan ibadah benar-benar signifikan dapat dilihat dari penuhnya tempat-tempat ibadah oleh jamaah pengajian.
  • Berdirnys/berkembangnya kelompo kpengjian rutin.
  • Berdirnya TPQ ( taman Pendidikan Al-Qur’an )
  • Meningkatna keharmonisan hubungan antara ulama dan umaroh.
  • Berdirinya kelompok-kelompok kesenian yang banyak melibatkan generasi muda antara lain kentonagan 5 grup, seni calung, gejring,  Hadroh.
  • Banyaknya  club-club olah raga khususnya sepak bola (ada 18 Klub sepak bola ) sehingga mampu mengadakan liga sepak bola Pancasan.
  • Peningkatan kesadaran Iuran PBB ( dapat lunas sebelum jatuh tempo ).

2.      Bidang fisik

  • Merehabilitasi jalan desa yang meliputi dua dusun sehingga saran perhubungan dan perekonomian meningkat.
  • Pengaspalan jalan desa dusun I, II, III
  • Rehabilitasi lapangan sepak bola.
  • Pembelian / penambahan lokasi tanah makam meliputi dua dusun.
  • Pengembangan air bersih ( Perpipaan ).
  • Pemasangan jaringan Air pam
  • Pemasangan jaringan telepon ke sebagian rumah penduduk.
  • Pembuatan gardu / pos Keamanan di Dusun 1.
  • Pembangunan mushola hampir disetiap RT.
  • Pembuatan jalan setapak.
  • Perbaikan Jembatan Sabrang gati, Blabursari dan sebagian jembatan Karang Kedawung baru 30 %.
  • Pengadaan Jalan di Wlahar sari menuju Goalangu.
  • Perbaikan Kolam renang secara bertahap.
  • Pemavingan jalan di Sabrang Gati.
  • Rehabilitasi pembangunan Sekolah.

POTENSI DESA
Sangat banyak sekali potensi Desa yang ada di pancasan, baik dari Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusianya. untuk daerah ini sudah teraliri jaringan listrik 95 %, untuk jaringan telepon hampir 80 % terjangkau. sedangkan sumber air masyarakat menggunakan air yang jernih dari mata air pancasan. 

POTENSI PARIWISATA
Desa pancasan memiliki berbagai potensi pariwisata baik yang sudah tergarap maupun yang masih belum terkelola. diantaranya yang menjadi ikon desa pancasan adalah :
a. Kolam Renang Tirta Alami Pancasan
Tirta Alami adalah nama pemandian atau kolam renang yang ada di desa Pancasan. Satu-satunya objek wisata yang ada di Desa Pancasan ini dikelola oleh Pemerintah Desa Pancasan, dan merupakan satu-satunya kolam renang milik pemerintah desa (pemdes) di Kabupaten Banyumas. Kolam renang yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda ini tarifnya termasuk sangat murah yaitu Rp. 3.000,-/pengunjung.
Kolam renang ini biasanya ramai pengunjung setiap ada hari libur, seperti hari Minggu dan tanggal-tanggal merah, terutama pada liburan hari raya idul fitri, tidak hanya pengunjung yang berenang tetapi para pedagang juga memenuhi halaman kolam renang dan halaman kantor desa. Pada hari-hari libur pengunjung bisa naik sampai 50% lebih.
Keunggulan kolam renang Tirta Alami Pancasan, Kecamatan Ajibarang adalah air kolamnya yang alami, karena bersumber dari air sumber (tuk) besar Sungai Tajum. Airnya yang alami, tentu amat segar untuk renang. Sebagian besar pengunjung adalah anak usia sekolah dari Ajibarang, Wangon, Cilongok, dan Bumiayu.

b. Dream Land


Grand Opening Dream Land Spring Water Park Taman Wisata Air di Pancasan Kecamatan Ajibarang, Banyumas tanggal 30 Agustus 2011. dengan harga tiket Rp 15.000,-

desa pancasan dramland

Wahana obyek wisata Dream Land Parkdibangun dengan menghabiskan biaya 12 milyar rupiah. Obyek wisata yang menawarkan panorama alam yang indah itu hadir di Banyumas, tepatnya di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Obyek wisata itu dilengkapi berbagai fasilitas yang menarik seperti Taman Reptil, Kolam Seribu Air, Water Fall, Kolam Arus, Kolam Terapi Ikan, Water BoomWater ParkFlying Fox, Taman Pasir, Taman Batu, Wisata Kuliner, Arum Jeram, Taman Burung, Speedboot, dan Ikan Raksasa.

Obyek wisata yang berdiri di atas areal tanah yang sangat luas dan didesain sedemikian rupa sehingga antara lokasi yang satu dengan lokasi lainnya terhubung menjadi satu kesatuan panorama indah yang layak dikunjungi oleh semua lapisan masyarakat.

Selain menawarkan kenyamanan yang asri, obyek wisata Dream Land Park mengemas seluruh permainan yang disediakan dengan memanfaatkan sumber mata air alami, sehingga terjamin kebersihannya dan mampu memberikan kesegaran tersendiri kepada pengunjungnya.

WEBSITE DESA
Desa Pancasan kecamatan sudah punya website loch... banyak juga website pendukungnya dari layangan blogspot. untuk portal desa yang menjadi media informasi dan komunikasi yang sudah dimanfaatkan oleh masyarakat desa pancasan dan orang-orang yang merantau namun rindu akan desa pancasan. 

WWW.PANCASAN.OR.ID

Desa Pancasan yang juga merupakan Gerakan Desa Membangun yang sangat aktif diberbagai kegiatan, bahkan menjadi tolak ukur bagi desa-desa lain. melalui portal desanya desa pancasan telah terbukti akan manfaat media teknologi informasi.

Berikut juga website/blog pendukung desa pancasan dan sebagian photo + artikel ini bersumber dari:
1. http://desa-pancasan.blogspot.com
2. http://blogpancasan.blogspot.com
3. http://pancasanone.blogspot.com
4. http://www.banyumasonline.com/

Berita Terkait

30 Komentar

CCTV Bandung | 24 Maret 2014 - 22:27:37 WIB
makanan sore, dengan ilmu dan pengetahuan menarik di website ini terimakasih
CCTV Bandung Murah | 24 Maret 2014 - 22:31:22 WIB
akankah negeri ini menuju perbaikan sesungguhnya? semoga saja..
ISP di Bekasi | 24 Maret 2014 - 22:34:31 WIB
awasi bersama, evaluasi bersama dan dukung bersama..
Eiger | 24 Maret 2014 - 22:37:19 WIB
awasi bersama, evaluasi bersama dan dukung bersama..
Paket Umroh 2015 | 14 April 2014 - 23:27:37 WIB
makasih seblumnya atas artikelnya
Travel Umroh Murah | 14 April 2014 - 23:28:09 WIB
ditunggu update selanjutnya..
Paket Umroh 2014 | 14 April 2014 - 23:28:46 WIB
ayo berjuang dengan tulisan, membuka wawasan dan mencerahkan pemikiran :)
Travel Umroh di Bandung | 14 April 2014 - 23:29:25 WIB
Thanks a lot infonya pak bos....
blog | 20 Juni 2014 - 16:23:10 WIB
Menuntun sikap semenjak hal-hal nan bisa membicarakan orang pedengan. http://relges.ch/blog_587372
blog | 20 Juni 2014 - 21:54:24 WIB
belas kasihan menyimak artikelnya http://euvc.eu/blog_6849127
blog | 21 Juni 2014 - 01:11:29 WIB
Indonesia memiliki bertimbun penduduk nan besar beserta banyak modernisasi bangsa nan pandai serta tulus mengasih ilmunya selaku admin ketika website ini, telah menyampaikan ilmunya bercorak artikel nan ditulisnya http://fwdurl.net/Blog759999
tiket pesawat | 22 Juni 2014 - 04:13:14 WIB
I visited multiple web pages but the audio quality for audio songs current at this site is really wonderful. http://r7t.ru/tiket_pesawat_583400
jasa pendaftaran logo | 26 Juni 2014 - 22:10:05 WIB
Hi! I know this is kinda off topic however , I'd figured I'd ask. Would you be interested in exchanging links or maybe guest authoring a blog article or vice-versa? My site discusses a lot of the same subjects as yours and I believe we could greatly benefit from each other. If you might be interested feel free to send me an email. I look forward to hearing from you! Fantastic blog by the way! http://fwd.as/merek_8768501
tiket pesawat murah | 28 Juni 2014 - 19:08:43 WIB
Spot on with this write-up, I truly think this amazing site needs far more attention. I'll probably be returning to read more, thanks for the advice! http://durl.me/72tkfd
blog | 30 Juni 2014 - 14:47:30 WIB
terimakasih sudah share artikel ini http://nkle.in/blog_208205
pendaftaran logo | 30 Juni 2014 - 22:44:53 WIB
It's very trouble-free to find out any matter on web as compared to textbooks, as I found this paragraph at this site. http://vovi.vn/merek_177909
pendaftaran logo | 30 Juni 2014 - 22:51:00 WIB
It's very trouble-free to find out any matter on web as compared to textbooks, as I found this paragraph at this site. http://vovi.vn/merek_177909
pendaftaran logo | 30 Juni 2014 - 22:52:50 WIB
It's very trouble-free to find out any matter on web as compared to textbooks, as I found this paragraph at this site. http://vovi.vn/merek_177909
harga kasur busa | 11 Juli 2014 - 13:08:33 WIB
I am sure this paragraph has touched all the internet viewers, its really really pleasant paragraph on building up new weblog. http://enlace.org.es/kasur28736
harga kasur lipat murah | 19 Juli 2014 - 03:13:20 WIB
Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my newest twitter updates. I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates. http://dinky.in/?Harga137442
merek | 06 Agustus 2014 - 14:13:45 WIB
Terjamin sore. Nir terasa almanak berjalan semakin cepat, siap-siap untuk istirahat. karena uang lelah seharian berjalan. Salam cegak gan beserta sukses biasa.... http://ksurl.org/merek433315
jasa merek | 11 Agustus 2014 - 00:45:20 WIB
Waw infonya betul bagus serta keren, pecacal tinggu maklumat terbaru lainya, semoga gol... http://fc.cx/120f9
jasa logo | 12 Agustus 2014 - 16:10:23 WIB
kunjungi kami balasan http://underswo.de/pendaftaranmerek141542
CCTV Murah Bandung | 16 Agustus 2014 - 10:28:04 WIB
artikel yang bermanfaat.. semoga informasi yang disajikan mewarnai wawasan pembaca..
CCTV Bandung | 16 Agustus 2014 - 10:31:43 WIB
Tidak akan ada seorang pun yang akan mengikuti langkah kita, jika kita tidak tahu harus melangkah kemana..s0,,pijakkan kaki diatas kebaikan,agar semua menjadi lebih baik..
Distributor CCTV | 16 Agustus 2014 - 10:46:59 WIB
Terima kasih om admin telah berbagi wawasan dan ilmu pengetahuan
internet provider jakarta | 16 Agustus 2014 - 10:52:34 WIB
akankah negeri ini menuju perbaikan sesungguhnya? semoga saja..
Isp di Jakarta | 16 Agustus 2014 - 10:56:04 WIB
kunjungan siang, berjumpa lagi untuk menyimak artikel yang sangat bermanfaat ini..
kasur lipat jakarta | 06 Oktober 2014 - 20:22:27 WIB
Hi there, after reading this amazing article i am also glad to share my know-how here with colleagues. http://tiny.cc/mjh8mx
Jasa SEO Masa Depan | 15 Oktober 2014 - 13:22:52 WIB
Orang pintar pasti milih situs ini untuk tempat nongkrong. Beritanya bagus dan berkualitas.

Ikuti weekly prediksi bola akurat dan jitu.

Isi Komentar